SOP PROKES SMPN 2 MINAS



Standar Operasional Prosedur (SOP)

Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kenormalan Baru Pada Satuan Pendidikan

Terkait Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Siak Provinsi Riau

SMP Negeri 2 Minas

 

v  SOP Protokol Kesehatan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar

 

1.    Sekolah memastikan keadaan lingkungan sekolah dalam keadaan bersih dan sehat;

2.    Sekolah menyiapkan titik tempat penurunan dan penjemputan peserta didik dengan memaksimalkan tidak terjadi penumpukan siswa;

3.    Sekolah menyediakan sanitasi tempat cuci tangan dengan air mengalir beserta sabun tangan (hand soap) di depan ruang kelas dan kantor;

4.    Sekolah menyiapkan alat pengukur suhu tubuh;

5.    Sekolah menyiapkan cadangan masker, jika terdapat peserta didik atau
pendidik tidak membawa masker/masker rusak;

6.    Sekolah mengatur tempat duduk siswa di setiap kelas dengan jarak minimal 1,5 m;

7.    Sekolah menjaga kebersihan gagang pintu, dan semua peralatan dan perlengkapan serta termasuk Iingkungan sekolah yang digunakan, dengan disinfektan setiap hari,;

8.    Sekolah Tidak membuka kantin sekolah, dan menganjurkan peserta didik
untuk membawa makanan dari rumah;

9.    Sekolah menyiapkan dukungan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan petugasnya yang memadai;

10.Sekolah meniadakan kegiatan upacara bendera, olahraga, dan ekstrakurikuler sementara waktu;

11.Sekolah menyiapkan tempat khusus untuk menampung barang dari luar;

12.Sekolah menutup tempat berkumpul atau bermain.


v  SOP Protokol Kesehatan bagi Orang Tua Siswa Pada Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar


1.    Orangtua memastikan siswa sebelum berangkat kesekolah, dalam keadaan sehat, memakai seragam bersih, sudah sarapan dan membawa bekal makan minum dari rumah.

2.    Orangtua memastikan Siswa berangkat kesekolah sudah bermasker, membawa tissue, handsanitizer pribadi dan menggunakan face shield (jika ada).

3.    Orangtua mengantar Siswa kesekolah berhenti pada titik penurunan yang ditentukan sekolah.

4.    Orangtua siswa tidak berkumpul atau bergerombol saat mengantar maupun menjemput di titik penurunan/penjemputan.

5.    Orangtua menjemput siswa tepat waktu untuk menghindari penumpukan siswa di titik penjemputan.

6.    Untuk orangtua yang terpaksa harus masuk kelingkungan sekolah atau ada
urusan dengan pihak sekolah wajib memakai masker, di cek suhu dengan
termogun. Wajib mencuci tangan, dan segera meninggalkan sekolah apabila urusan sudah selesai.

7.    Orangtua mengingatkan putra-putrinya untuk segera berganti pakaian dan mandi sesampai di rumah.

 

v  SOP Protokol Kesehatan bagi Siswa Pada Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar

 

1.    Sebelum siswa berangkat kesekolah dipastikan dalam keadaan sehat, memakai seragam bersih, sudah sarapan dan membawa bekal makan minum dari rumah.

2.    Siswa berangkat kewajib bermasker, membawa tissue, dan hand sanitizer pribadi dan membawa face shield (jika ada).

3.    Siswa yang baru datang di sekolah ,wajib mengecekkan suhu badan , mencuci tangan memakai sabun dan langsung menuju kelas masing-masing,

4.    Siswa menjaga kebersihan dan kerapian tempat duduk masing-masing.

5.    Siswa menempati tempat duduk yang telah ditentukan oleh sekolah. Selama melakukan kegiatan di sekolah, siswa menerapkan physical distancing, (menjaga jarak fisik) minimal 1,5 meter. Siswa membawa alat belajar sendiri dan dilarang pinjam-meminjam dengan siapapun.

6.    Apabila siswa merasakan gejala demam/batuk/ pilek/sakit tenggorokan/sesak napas, segera lapor guru terdekat untuk mendapatkan tindak lanjut.

7.    Siswa tidak diperkenankan berbagi makanan, minuman, termasuk peralatannya.

8.    Siswa harus menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, dengan siapapun).

9.    Setelah selesai KBM siswa wajib langsung pulang tanpa harus berkerumun di dalam atau di luar sekolah.


v  SOP Protokol Kesehatan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pada Pelaksanaan Kegiatan Belajar Tatap Muka


1.    Sebelum pendidik dan tenaga kependidikan berangkat ke sekolah dipastikan dalam keadaan sehat, memakai seragam bersih, sudah mengkonsumsi makanan bergizi.

2.    Pendidik dan tenaga kependidikan berangkat kesekolah wajib bermasker, membawa tissue, hand sanitizer pribadi dan face shield (jika ada)

3.    Pendidik dan tenaga kependidikan yang baru datang di sekolah, wajib mengecekkan suhu badan, dan mencuci tangan memakai sabun

4.    Pendidik dan tenaga kependidikan menjaga kebersihan dan kerapian tempat duduk serta perlengkapan masing-masing

5.    Selama kegiatan di disekolah, pendidik dan tenaga kependidikan wajib bermasker menjaga jarak fisik (physical distancing) dan menggunakan face shield (jika ada) saat melaksanakan pembelajaran

6.    Pendidik dan tenaga kependidikan datang dan pulang tepat waktu sesuai
ketentuan 6 hari kerja.

7.    Pendidik dan tenaga kependidikan setiap selesai melaksanakan kegiatan wajib mencuci tangan memakai sabun menggunakan air mengalir di tempat yang disediakan.

8.    Apabila Pendidik dan tenaga kependidikan merasakan gejala demam /batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas, wajib melapor dan ijin ke kepala sekolah, dan disarankan memeriksakan diri kesarana kesehatan atau pulang;

9.    Pendidik dan tenaga kependidikan harus menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, dan sebagainya)

10.Guru wajib mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada siswa yang diajar.

 

v  SOP Protokol Kesehatan Sekolah Pada Pelaksanaan Kegiatan Belajar Tatap Muka


Sebelum berangkat ke sekolah, Peserta Didik dipastikan dalam keadaan sehat, memakai pakaian bersih dan rapi serta membawa bekal makan minum yang sehat dan bergizi dari rumah.

1.    Orang tua diharapkan mengantar jemput atau menyediakan pengantar/ penjemput. Jika siswa naik sepeda diharapkan berangkat lebih awal/ pagi.

2.    Pengantar/ penjemput berhenti hanya sampai di luar pintu gerbang sekolah.

3.    Peserta Didik, Guru, Karyawan dan Tamu wajib:

a.    Melakukan cuci tangan menggunakan air bersih dan sabun di tempat yang sudah disediakan

b.    Melakukan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan Thermogun oleh petugas.

c.     Menggunakan masker, senantiasa menjaga jarak dan apabila terdapat gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/ sesak nafas, suhu badan di atas 37,3 oC segera ke Puskesmas dan memeriksakan diri

d.    Menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan)

4.    Sekolah memastikan keadaan lingkungan sekolah dalam keadaan bersih dan sehat, antara lain:

a.    Sekolah menyiapkan titik penurunan dan penjemputan peserta didik dengan memaksimalkan tidak terjadi penumpukan.

b.    Di setiap depan ruang kelas dan kantor terdapat sanitasi, cuci tangan dengan air mengalir beserta sabun tangan (hand soap)

c.     Menyiapkan alat pengukur suhu tubuh di sekolah

d.    Menyiapkan cadangan masker, jika terdapat peserta didik dan pendidik tidak membawa masker/ masker rusak

e.    Sekolah menjadwalkan secara periodic penyemprotan dengan disinfektan untuk lingkungan sekolah

f.     Mengatur tempat duduk siswa di setiap kelas dengan jarak 1,5 m

g.    Menjaga kebersihan gagang pintu, kebersihan keyboard komputer, kebersihan kelas, meja dan kursi belajar dengan disinfektan termasuk lingkungan sekolah.

h.    Tidak membuka kantin sekolah dan menganjurkan peserta didik untuk membawa makanan dari rumah

i.      Meniadakan tempat bermain atau berkumpul

j.      Sekolah menyiapkan dukungan unit kesehatan (UKS)Sekolah menyiapkan kotak sampah untuk pembuangan masker bekas, tissue dan memusnahkan segera setiap hari

5.    Sekolah membuat jadwal pembelajaran dengan durasi jam belajar paling lama 180 menit setiap hari tanpa istirahat.

6.    Siswa per kelas dibagi 2 kelompok. Kelompok nomor absen Ganjil dan kelompok nomor absen Genap. Siswa masuk sekolah 2 minggu sekali secara bergiliran antara kelompok Ganjil dan kelompok Genap.

7.    Waktu Belajar pukul 07.30 – 11.00 tidak ada istirahat.

8.    Setelah selesai KBM siswa wajib pulang tanpa harus berkerumun di dalam dan di luar kelas.

9.    Melaksanakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) diantaranya: menggunakan
kamar mandi/ toilet, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya

10. Untuk kegiatan upacara bendera, olah raga dan ekstrakurikuler sementara waktu
ditiadakan

                                                                         

Berita

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMPN 2 MI...

28 Jun 2021

Dibaca 70 Kali | 28 Jun 2021

Selengkapnya

SOP PROKES SMPN 2 MINAS

31 Dec 2020

Dibaca 191 Kali | 31 Dec 2020

Selengkapnya

Artikel